Minggu, 28 Juni 2020

8 Fakta Unik Singa yang Jarang Diketahui, Kamu Sudah Tahu?



Singa merupakan salah satu hewan paling populer di muka bumi. Siapa pun pasti sudah kenal hewan ini dan mungkin tahu banyak fakta soal mereka. Mungkin kamu pun demikian. Namun, deretan delapan fakta soal singa berikut ini mungkin belum kamu tahu dan bisa membuatmu takjub. Check these out!

1. Ada yang tinggal di hutan


Kamu mungkin tahu bahwa sebutan raja hutan bagi singa gak sepenuhnya benar. Itu karena singa di Afrika hidup di sabana dan padang rumput. Namun, sebenarnya, sebutan itu pun gak sepenuhnya salah karena toh ada pula singa yang hidup di hutan.

Itu adalah singa Asia (Panthera leo persica), salah satu subspesies singa yang kini hanya tersisa di Gujarat, India. Laman Zoological Society of London menyebut bahwa singa di sana hidup di Taman Nasional Hutan Gir. Sayangnya, populasi mereka tinggal ratusan ekor sehingga kini berstatus terancam punah.

2. Perenang yang andal



Mungkin kamu terkejut mengetahui bahwa singa jago berenang, tapi sebenarnya itu gak aneh karena semua hewan mamalia memang bisa berenang.

Laman Animal Planet menyebut bahwa kadang singa memang harus berenang, misalnya singa yang hidup di sekitar Delta Okavango di Botwsana. Kawasan tersebut sering kali tergenang air yang cukup dalam.

3. Hewan yang sangat pemalas



Di antara semua spesies kucing besar, singa rupanya pantas dinobatkan sebagai yang paling malas. Bagaimana tidak, kerjaan mereka sehari-hari hanya tidur saja. Seekor singa jantan bisa menghabiskan 18-20 jam sehari untuk tidur!

Bahkan, singa betina yang lebih sibuk karena harus berburu dan merawat anaknya pun tidur 15-18 jam sehari. Bahkan, jika habis kenyang makan, singa bisa tidur selama 24 jam penuh! Ya ampun, malas banget, ya.

4. Singa betina kadang menangkap hewan kecil hidup-hidup supaya anaknya bisa belajar berburu



Cara singa betina mengajar anaknya berburu ternyata cukup unik. Dilansir laman Marataba, singa betina akan menangkap hewan kecil hidup-hidup, misalnya seekor impala, lalu membiarkan anak-anaknya belajar cara menangkap dan menggigit mangsa dengan benar

Jika hewan tersebut berusaha kabur, si singa betina akan menahannya dan menjaganya tetap berada dalam jangkauan anaknya. Pada akhirnya, anak-anak singa akan belajar cara berburu dengan benar dan itu sangat penting bagi kelangsungan hidup mereka di kemudian hari.


5. Lebih dari setengah makanan singa yaitu bangkai



Singa memang terkenal sebagai hewan buas yang jago berburu. Namun, dikutip dari Macro Evolution, ternyata lebih dari setengah makanan singa justru bukan daging segar buruannya sendiri, tapi bangkai, entah bangkai hasil buruan hiena, sesama singa, atau predator lain yang hidup di Afrika.

6. Punya pendengaran yang luar biasa



Singa umumnya berburu pada malam hari. Mereka punya indra penglihatan yang hebat untuk membantunya melihat dalam gelap. Namun, ternyata gak cuma itu, pendengaran mereka pun gak kalah menakjubkan. Singa bisa mendengar mangsa dari jarak 1 mil (1,6 km)! Plus, telinga mereka bisa digerakkan sehingga lebih mudah mencari asal suara

7. Singa betina punya selera soal rambut pasangannya


Ternyata, gak cuma manusia yang kerap punya selera pribadi soal rambut pasangannya, singa pun demikian. Laman New Scientist menyebut bahwa singa betina biasanya lebih suka singa jantan yang bersurai panjang dan hitam. Selain itu, surai panjang hitam ternyata membuat singa jantan tampak lebih mengintimidasi bagi pejantan lain.

8. Gara-gara populer, singa semakin rentan terancam punah



Singa boleh jadi disebut sebagai raja hutan, tapi sang raja pun kini mulai terancam keberadaannya akibat ulah manusia. Situs Uni Internasional untuk Konservasi Alam (IUCN) memberikan status vulnerable alias rentan kepada hewan ini dengan jumlah populasi di alam bebas kurang dari 40 ribu ekor.

Ironisnya, popularitas singa justru jadi salah satu faktor yang membuat mereka makin terancam. Laman Mother Nature Network menyebut bahwa karena singa sangat populer, orang-orang mengira bahwa jumlah mereka di alam bebas masih sangat banyak sehingga kesadaran untuk turut melestarikan mereka pun jadi berkurang. Duh, kasihan, ya!

Itulah delapan fakta unik soal singa yang jarang diketahui orang. Gimana, sekarang pengetahuanmu soal singa jadi semakin bertambah, 'kan?





Untuk pecinta poker online indonesia  
Anda bosan bermaindan kalah terus? 
solusinya hanya di INDOWIN99 dengan WINRATE 98% dijamin MENANG
Dapatkan jackpot mencapai 70 Juta setiap harinya
dan masih banyak hadiah menarikan yang kami tawarkan setiap hari setiap minggu dan setiap bulannya secara cuma-cuma TANPA DIUNDI.
Dapatkan Banyak Bonus dari Kami :
+Hadiah bulanan TANPA DI UNDI
+Bonus Cashback 0,3% Dari Nilai Turnover
+Bonus Referral 20% Seumur Hidup
+Jacpot Puluhan Juta Setiap Hari
Menerima deposit : 
+ PULSA 
+ Aplikasi DANA
+GOJEK
+OVO
Ayo, tunggu apa lagi ? Daftar kan Diri Anda di INDOWIN99
Contact us:
WA : +8559-6284-6901
LINE : INDOWIN99
IG : idw.99
http://promoidw99.com/
Link Alternatif INDOWIN99
link daftar 

0 komentar:

Posting Komentar