Selasa, 14 Januari 2020

Hewan purba Epidemik Asal Indonesia



Komodo ( Varanus komodoensis ), juga dikenal sebagai Komodo , adalah spesies hidup terbesar kadal .

komodo adalah  spesies reptil purba  yang berumur lebih dari 100 juta tahun.

Komodo hidup hanya di lima pulau di tenggara Indonesia : Empat pulau di Indonesia di dalam Taman Nasional Komodo ( Komodo , Rinca, Gili Montang, Gili Dasami), dan pulau Flores. Pulau-pulau tersebut berasal dari gunung berapi, kasar dan berbukit, dan ditutupi oleh hutan dan padang rumput sabana
Komodo dewasa hidup terutama di hutan tropis . Mereka lebih suka daerah dataran rendah terbuka dengan rerumputan dan semak-semak yang tinggi, tetapi juga ditemukan di habitat lain, seperti pantai, puncak bukit, dan dasar sungai yang kering.
Komodo muda adalah arboreal dan hidup di daerah berhutan sampai mereka berusia delapan bulan.

Umur rata - rata Komodo adalah sekitar 30 tahun di alam liar .


Menurut Guinness World Records, rata - rata jantan dewasa akan memiliki berat 79 hingga 91 kg (174 hingga 201 lb) dan berukuran 2,59 m (8,5 kaki), sedangkan rata - rata wanita akan berbobot 68 hingga 73 kg (150 hingga 161 lb) dan ukuran 2,29 m (7,5 kaki).

Spesimen liar terbesar yang diverifikasi adalah 3,13 m (10,3 kaki) panjang dan beratnya 166 kg (366 lb), termasuk makanan yang belum dicerna.


Komodo berwarna abu - abu, coklat atau kemerahan , tergantung pada lokasinya. Mereka tubuh yang kuat yang seragam ditutupi sisik kasar . Mereka memiliki anggota tubuh yang kuat dan kuat, berotot .

bentuk kepala Komodo memiliki bulat moncong dan telinga bukaan. Tengkorak mereka fleksibel dan memiliki sekitar 60 gigi tajam pendek bergerigi yang dirancang untuk memotong dan merobek daging.

Mereka berjalan kikuk, maju-mundur , dan lidah kuning mereka terus-menerus keluar-masuk .



Komodo mampu berlari dengan kecepatan hingga 20 km / jam (12,4 mph), tetapi komodo cepat lelah.

dan Mereka adalah perenang yang sangat baik , berenang dari satu pulau ke pulau lain dan bahkan dapat menyelam hingga kedalaman 4,5 m (15 kaki).

Mereka adalah makhluk soliter yang berkumpul bersama hanya untuk berkembang biak dan makan.

Komodo sebagian besar aktif di siang hari tetapi terkadang juga aktif  malam hari.

Mereka menghabiskan hari menjelajahi wilayah mereka ( teritori ) , yang bisa sebesar 1,9 kilometer persegi (0,7 mil persegi). Mereka tidak mempertahankan daerah jelajah ini, sehingga jajaran ini bisa tumpang tindih, tetapi jika makanan ditemukan di daerah bersama, komodo dominan bisa makan terlebih dahulu.



Komodo menggunakan lidahnya untuk mendeteksi, rasa, dan rangsangan bau , seperti reptil lainnya, dengan indera vomeronasal menggunakan organ Jacobson, daripada menggunakan lubang hidung. Dengan bantuan angin yang baik dan kebiasaannya mengayunkan kepalanya dari sisi ke sisi saat berjalan, seekor komodo dapat mendeteksi bangkai dari jarak 4 hingga 9,5 km (2,5 hingga 5,9 mil) jauhnya.



Komodo adalah karnivora ( pemakan daging), dan mereka lebis suka mencari bangkai daripada memburu 

Naga Komodo adalah pemburu yang terampil . Mereka biasanya menguntit dan menyelinap pada korban, menerjangnya dengan kecepatan luar biasa. Mereka mengambil mangsa di rahang mereka yang kuat, memasukkan gigi bergerigi mereka ke dalamnya. Komodo memiliki sejumlah besar bakteri dalam air liurnya, yang membantu membunuh korban ketika memasuki darah melalui luka gigitan. Mangsa yang lolos dari cengkeraman komodo biasanya mati kemudian, akibat bakteri dalam darah mereka.


Mereka adalah pemburu yang sangat ganas sehingga mereka bisa memakan mangsa yang sangat besar, seperti kerbau , kuda , rusa , kambing, babi, dan bahkan manusia. Mereka juga akan memakan reptil lain (termasuk komodo yang lebih kecil), burung, telur burung, mamalia kecil dan monyet .

Terkadang mereka memakan mayat manusia, menggali mayat dari kuburan yang dangkal. Kebiasaan menyerbu kuburan menyebabkan penduduk desa Komodo memindahkan kuburan mereka dari tanah berpasir ke tanah liat dan menumpuk batu di atasnya untuk menghalangi kadal.

komodo jantan memiliki kebiasaan untuk  berrtempur dengan pejantan lainnya  untuk kawin dengan kawin  . Mereka bergulat dalam posisi tegak untuk mencoba melempar yang kalah ke tanah, seringkali membuat salah satu pejantan mati .

masa kawin terjadi antara Mei dan Agustus, dan takan bertelur pada bulan September . Betina membuat banyak sarang / lubangyang bertujuan untuk mengkamuflase agar mencegah komodo lain memakan telur merkea . setaip bertelur rata-rata menghasilkan  20 telur, yang memiliki masa inkubasi 7-8 bulan . Mereka terlahir tidak berdaya dan rentan terhadap predator lain ( bahkan sesama komodo) .




Komodo yang masih muda menghabiskan tahun pertamanya di pohon-pohon, di mana mereka relatif aman dari pemangsa, termasuk komodo dewasa yang kanibalistik, karena komodo remaja membentuk 10% dari makanan mereka. komodo Remaja memakan belalang, kumbang, tokek kecil , telur, burung, dan  mamalia kecil.

Komodo adalah predator teratas dalam jangkauan mereka, dan komodo dewasa tidak mendapat gangguan dari predator lain . Komodo muda terkadang menjadi mangsa mamalia, burung, dan komodo lainnya.

Komodo adalah spesies yang rentan dan ada dalam Daftar Merah IUCN . Taman Nasional Komodo didirikan pada 1980 untuk melindungi populasi komodo di pulau-pulau termasuk Komodo, Rinca, dan Padar. Kemudian, Cagar Wae Wuul dan Wolo Tado dibuka di Flores untuk membantu pelestarian komodo.

World Animal Foundation memperkirakan jumlah komodo di alam liar menjadi 6.000.



Komodo telah lama menjadi daya tarik untuk kebun binatang , di mana ukuran dan reputasinya menjadikan mereka tujuan populer. Namun, komodo jarang di kebun binatang karena mereka rentan terhadap infeksi dan penyakit parasit jika ditangkap dari alam, dan tidak mudah bereproduksi.

Di alam liar, pebandingan Komodo jantan empat kali lebih banyak daripada komodo betina.

Komodo memiliki wilayah jelajah untuk berburu terkecil dari pemangsa besar lain  mana pun di dunia!

Seekor komodo dapat memakan 80 persen dari berat tubuhnya dalam sekali makan.

Komodo makan sangat cepat. Mereka mengonsumsi 2,5 kilogram daging dalam satu menit.

Gigi komodo terlihat seperti gigi hiu dan telah dibandingkan dengan gigi bertaring tajam yang sudah punah.

Seekor komodo melewati empat atau lima set gigi dalam seumur hidup.

Pada 2013, seekor komodo sepanjang 2 meter (6,5 kaki) berkeliaran di kantor taman dan menggigit dua penjaga taman di Indonesia



Untuk pecinta poker online indonesia  
Anda bosan bermaindan kalah terus? 
solusinya hanya di INDOWIN99 dengan WINRATE 98% dijamin MENANG
Dapatkan jackpot mencapai 70 Juta setiap harinya
dan masih banyak hadiah menarikan yang kami tawarkan setiap hari setiap minggu dan setiap bulannya secara cuma-cuma TANPA DIUNDI.
Dapatkan Banyak Bonus dari Kami :
+Hadiah bulanan TANPA DI UNDI
+Bonus Cashback 0,3% Dari Nilai Turnover
+Bonus Referral 20% Seumur Hidup
+Jacpot Puluhan Juta Setiap Hari
Menerima deposit : 
+ PULSA 
+ Aplikasi DANA
+GOJEK
+OVO
Ayo, tunggu apa lagi ? Daftar kan Diri Anda di INDOWIN99
Contact us:
WA : +8559-6284-6901
LINE : INDOWIN99
IG : idw.99
Link Alternatif INDOWIN99
link daftar 

0 komentar:

Posting Komentar